Kunjungi PT Jababeka Infrastruktur, Asia Philanthropy Circle Berikan Dukungan terhadap Pemberdayaan Masyarakat dan Lingkungan di Kawasan Industri
2024-08-09 12:00:00
Penulis

Cikarang - 8 Agustus 2024 - The Asia Philanthropy Circle (APC) yang berbasis di Singapura mengunjungi PT Jababeka Infrastruktur pada Kamis (8/8/2024). 


Kunjungan dilakukan langsung oleh Laurence Lien selaku Co-Founder sekaligus CEO APC, serta Koon Peng Ooi selaku Senior Manager APC.


Kunjungan ini merupakan bentuk dukungan APC kepada PT Jababeka Infrastruktur yang merupakan bagian dari APC, dengan melihat dan mendengar langsung dampak yang dihasilkan dari program tanggung jawab sosial PT Jababeka Infrastruktur. 


Sebagai perusahaan pengembang kawasan industri terbuka di Indonesia, PT Jababeka Infrastruktur sangat memperhatikan sekali bagaimana proses bisnis dapat sejalan dan mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. 


Melalui Jababeka Bersahabat (JABAT) yang memiliki Pilar Sosial, Alam dan Ekonomi, perusahaan dapat melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan yang dikhususkan pada kegiatan Community Development, sehingga dapat memberi manfaat khususnya bagi masyarakat sekitar perusahaan di Kawasan Industri Jababeka. 


Kunjungan diawali ke Kelompok Tani Hidroponik Hikari di Kp. Tegalgede RT 10 RW 04, Desa Pasirsari, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi. Hikari hadir dari inisiatif masyarakat atas permasalahan penumpukan sampah dan perekonomian di Desa Pasirsari yang turut menimbulkan permasalahan sosial dan lingkungan. 


Oleh karena itu, pemberdayaan masyarakat melalui budidaya hidroponik (teknik tanam menggunakan air dan tanpa tanah) diharapkan dapat menjadi solusi dan menyelesaikan permasalahan lingkungan, sosial dan ekonomi masyarakat Desa Pasirsari. 


Kegiatan kunjungan berlangsung dengan hangat dan menyenangkan. Laurence dan Koon Peng juga berkesempatan memetik dan menikmati langsung melon hasil panen kelompok tani hikari. Selanjutnya, Laurence dan Koon Peng mengunjungi Pusat Pengembangan Maggot Desa Mekarmukti, yang berlokasi di Jalan Untung Suropati RT 04 RW 03 Cibeureum, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.


Desa Mekarmukti merupakan fasilitas pengelolaan sampah yang dikembangkan dalam upaya peningkatan penanganan sampah organik dan anorganik. Dalam mengelola sampah organik, pusat maggot Mekarmukti menggunakan teknik biokonversi dengan metode BSF (Black Soldier Fly). 


Dalam kunjungan ini, Pusat Pengembangan Maggot Desa Mekarmukti sebagai tuan rumah menjelaskan siklus hidup maggot, mengelola sampah organik dengan metode BSF serta pemanfaatan hasil maggot yang bisa bernilai ekonomis melalui penjualan fresh maggot, kompos kasgot hingga dry maggot yang telah dioven. Pada kesempatan tersebut, Laurence dan Koon Peng tertantang untuk mencicipi maggot kering yang memiliki rasa gurih. 


Setelah mengunjungi projek pemberdayaan masyarakat Jababeka, Laurence mewakili APC menyampaikan kegembiraannya karena mendapatkan pengalaman baru dengan mengunjungi pertanian hidroponik dan pengolahan maggot yang berada di pemukiman padat penduduk di wilayah sekitar kawasan industri. 


Melalui kunjungan ini,  PT Jababeka Infrastruktur sangat mengapresiasi dan berharap hubungan harmonis dengan APC dapat terus terjalin, khususnya dalam kolaborasi yang memberikan manfaat bagi sesama manusia dan lingkungan.

To Top