Pemadam Kebakaran PT Jababeka Infrastruktur Berpartisipasi dalam Bekasi 2nd Firefighter Challenge Skill Competition Tingkat Kabupaten
2024-08-07 16:55:00
Penulis

Cikarang, 7 Agustus 2024 - Tim Pemadam Kebakaran PT Jababeka Infrastruktur turut berpartisipasi dalam ajang “Bekasi 2nd Firefighter Challenge Skill Competition” tingkat Kabupaten yang berlangsung di jalan Boulevard Deltamas, Cikarang Pusat, Rabu (7/8/2024). 


Acara bergengsi ini digelar oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi dan diikuti oleh 55 perusahaan dari dalam dan luar kawasan industri di Kabupaten Bekasi. 


“Bekasi 2nd Firefighter Challenge Skill Competition” tidak hanya menjadi ajang kompetisi, namun juga merupakan sarana untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam menghadapi situasi darurat kebakaran.


Acara ini bertujuan memastikan prosedur dan penerapan standar operasional (SOP) penanggulangan kebakaran di setiap perusahaan sesuai dengan standar yang berlaku, sekaligus meningkatkan profesionalitas, kemampuan, dan keterampilan para petugas K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja).


Dalam sambutannya, PJ Bupati Bekasi, Dani Ramdan, mengungkapkan kegembiraannya atas partisipasi yang jauh lebih besar dibandingkan dengan acara tahun sebelumnya. Beliau juga menekankan pentingnya persiapan dan kesiapan armada perusahaan dalam melakukan proteksi kebakaran, sehingga sinergi antara pemerintah dan pihak swasta semakin terjalin erat.


Menurut Adeng Hudaya selaku Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, tujuan dari acara ini adalah mempererat silaturahmi dan meningkatkan kemampuan para pemadam kebakaran dalam pekerjaannya. Beliau berharap kegiatan ini dapat menjadi momentum untuk terus melatih kemampuan para petugas pemadam kebakaran, serta untuk penyelenggara agar lebih objektif dalam penilaian, dengan melibatkan tim dari provinsi serta memperbaiki evaluasi yang diperlukan, termasuk penilaian juri yang langsung diturunkan dari Kemeterian Dalam Negeri.


Darmawijaya, Kepala Pemadam Kebakaran PT Jababeka Infrastruktur, menyampaikan bahwa acara ini bukan sekadar ajang kompetisi, namun juga momen penting untuk mempererat hubungan antar pemadam kebakaran di Kawasan Industri dan Perusahaan. Beliau juga menekankan pentingnya sportivitas dalam kompetisi ini.


Pemadam Kebakaran PT Jababeka Infrastruktur secara konsisten mempersiapkan diri dengan matang melalui latihan rutin dua kali seminggu selama dua bulan sebelum kompetisi. Sehingga dengan persiapan ini, mereka beroptimis dapat meraih hasil terbaik dalam kompetisi tersebut.


Pada kompetisi ini, Pemadam Kebakaran PT Jababeka Infrastruktur mengirimkan dua tim untuk berpartisipasi, yakni dalam kategori K3 yang mendapatkan nomor urut 1, dan kategori Hose Laying dengan nomor urut 11. Dukungan penuh juga diberikan oleh Direktur PT Jababeka Infrastruktur, Vega Violetta, yang turut hadir dan optimis bahwa timnya akan meraih kemenangan.


Sebelumnya, kompetisi ini juga pernah diadakan tahun lalu dengan tajuk “1st Bekasi Fire Fighter Challenge Skill Competition” yang telah dilaksanakan di Lapangan Meikarta District 2, Cikarang Selatan, Selasa (8/8/2023). 


Acara ini mendapat apresiasi dari Pemerintah Daerah atas peran serta pihak swasta, terutama para petugas K3 di lingkungan perusahaan dan kawasan industri.


Dengan adanya kompetisi ini, PT Jababeka Infrastruktur tidak hanya menunjukkan kesiapan dalam menghadapi tantangan darurat kebakaran, tetapi juga memperkuat komitmen perusahaan dalam menjaga keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan industri.

To Top